Distributor Resmi
PT.Bintang Baru Sejahtera

Alamat : Jln.D.I Panjaitan No 17 A- B Jambi 36137
Kebun Handil - Dekat Pasar Inpres
Contact Person : William ( 08117450868 )
Email : william_eight034@yahoo.com

Sunday, November 27, 2011

Zincalume® vs Galvanis – Zincalume lebih baik dari Galvanis

Dengan terobosan terkini, rangka atap baja ZINCALUME®, telah berdampak besar bagi market share pengguna Galvanis. Dikarenakan ketahanan karat/korosi dari ZINCALUME® yang lebih baik, hingga 4 kali lipat lebih baik ketahanannya dibanding rangka atap Galvanis.

Rangka atap baja ringan ZINCALUME® merupakan perpaduan coating antara zinc 43,5% dengan aluminium 55% dan 1.5% silikon. Berbeda dengan Galvanis atau Zinc yang 90% – 99% semua berupa seng atau zinc atau galvanis yang mudah berkarat dan sudah mulai ditinggalkan karena sifatnya yang mudah berkarat.

Dipasaran baja ringan dan genteng metal, banyak produsen yang mengaku menggunakan ZINCALUME® dikarenakan harga Galvanis yang lebih murah, tetapi yang digunakan adalah bahan Galvanis atau galvalume produk-produk imporan spt dari Taiwan, Vietnam dan lainnya, untuk itu kami ingin berbagi kiat-kiat membedakan bahan Galvanis dan ZINCALUME® agar konsumen khususnya pemilik bangunan tidak salah
dalam memilih bahan baku.




































Definisi
Galvanisasi: proses menerapkan lapisan seng pelindung untuk baja, untuk mencegah korosi galvanik berkarat dan. Istilah ini berasal dari nama ilmuwan Italia Luigi Galvani.
Meskipun galvanisasi dapat dilakukan dengan elektrokimia dan proses elektrodeposisi, metode yang paling umum digunakan saat ini adalah hot-dip galvanisasi, dimana bagian-bagian baja yang terendam dalam bak seng cair.

Proses galvanisasi telah berjalan sejak abad ke 19, dan dipatenkan di Paris oleh Stanislas Sorel pada tahun 1837. Meskipun telah dilakukan proses pelapisan untuk melindungi bajanya, pada tempo 1 tahun biasanya akan tetap berkarat.

ZINCALUME®: adalah merek dagang BLUESCOPE STEEL Ltd. Produsen baja lapis terbesar di dunia. ZINCALUME® adalah baja lapis Zinc dan Aluminium yang digunakan untuk melindungi baja tersebut. Sifat Zinc yang keras dikombinasikan dengan aluminium yang tahan karat, menjadikan kombinasi dari kedua bahan tersebut kuat dan tahan karat dibandingkan dengan Galvanis yang sudah “out-of-date”.

Produsen ZINCALUME® satu-satunya di dunia adalah Bluescope Steel Ltd., periksa branding pada setiap batang baja ringan dan lembar genteng metal yang anda terima. Pastikan tertera TANGGUH Bluescope Steel Indonesia.













Pertanyaan: 
Q. Apa benar Galvanis atau seng mudah berkarat?
A. Benar, untuk real contoh sederhana, coba anda perhatikan pada atap seng/galvanis baru beberapa tahun sudah tampak bercak-bercak karatnya, dan perhatikan sangat jarang perabotan rumah tangga seperti rak piring atau jemuran yang terbuat dari seng/galvanis karena memang sifatnya yang sangat mudah berkarat.

Q. Kenapa lapisan anti karat Galvanis lebih tebal dari pada Zincalume
A. Karena memang harus lebih tebal karena sifatnya yang mudah berkarat, berbeda dengan Zincalume yang jauh lebih baik dari pada Galvanis.

Q. Kenapa perusahaan rangka Galvanis mengatakan lebih bagus dan menjual dengan harga lebih mahal?
A. Sudah pasti perusahaan tersebut mengatakan lebih bagus dan seringkali mereka dengan alasan anti karat lebih besar, padahal tidak benar sama sekali karena Galvanis merupakan seng / lapisan seng yang mudah berkarata. Galvanis sebenarnya lebih murah daripada Zincalume karena memang harga dasarnya sangat murah. Coba Anda cari-cari di internet versi bahasa Inggris.

Q. Apa benar Galvanis tidak tahan terhadap air garam?
A. Benar, dan kita ketahui iklim di Indonesia adalah tropis yang seringkali hujan dan udara yang lembab, sedangkan hujan dan udara mengandung air garam yang akan membuat Galvanis cepat terkorosi/berkarat.

Q. Orang bilang Zincalume tidak tahan terhadap semen?
A. Tidak benar, yang benar Zincalume tidak direkomendasikan direndam ke dalam air semen, bukan semen atau mortad/semen yang sudah kering.

Q. Apakah sama Zincalume dengan Galvalume, Aluminium-Zinc, Alumzinc atau Zinc-Aluminium?
A. Tidak, karena ZINCALUME® hanya merek dagang BlueScope Steel Australia yang benar-benar menerapkan standarisasi mutu dan kuwalitas bahan. Berbeda dengan yang mengaku sejenis atau sama seperti ZINCALUME®, yang mengaku sama ini biasanya mereka yang produknya imporan dari Vietnam, Taiwan dan negara China, yang terkenal murah dan jika Anda perbandingkan sendiri, ZINCALUME® dengan merek lain yang mengaku sama maka akan terlihat jelas perbedaannya, mereka yang bukan ZINCALUME® tapi mengaku sama produk/profilnya akan lebih banyak seng / galvanisnya, terlihat lebih transparan yang berarti tidak memenuhi standar produk. Pada produk ZINCALUME® pada semua profil bahan tertera TANGGUH Bluescope Steel Indonesia.

No comments:

Post a Comment